TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Senin, 26 September 2011

'FRECO' FRIEND RECOMMENDATION TELAH DILUNCURKAN DI JAKARTA


Jika para Kompasianer kebingungan mencari referensi tentang barang atau jasa yang dibutuhkan, kini sebuah layanan rekomendasi online, freco.com dapat membantu mencarikannya. Freco, atau Friends Recommendatiaon telah diluncurkan pada hari Rabu 20 Julin2011 lali di Jakarta. Sesuai dengan namanya freco yang berarti rekomendasi teman, menyajikan banyak rekomendasi barang dan jasa hingga hal-hal kecil.

Menurut pemiliknya PT Makmur Sukses Untung (MSUN), rekomendasi mengenai bengkel, dokter gigi, hingga info tukang pijit atau tukang perbaikan atap rumah bocor bisa kita temukan di sana. Website itu dirintis oleh R Ari Sudradjat, Herjuno Wahyu Aji, dan Anton Nasser sejak April 2011 lalu. Ingin menyediakan pilihan terbaik bagi masyarakat sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang atau jasa, adalah alasan terciptanya layanan ini. Jangan sampai sudah mengeluarkan biaya yang sangat besar tapi ternyata mendapatkan barang/jasa yang kualitasnya kurang bagus.
Direktur Utama MSUN, R Ari Sudradjat, yang pernah dinobatkan sebagai 3rd Asia’s Best Enterpreneur under 30 oleh Majalah Business Week pada 2008, MSUN telah menanamkan investasi 40 ribu dolar AS untuk freco.com.
Ketika seseorang mau membeli barang atau jasa, mereka tinggal memasukkan kata kunci ke dalamfreco.com . Setelah itu freco.com akan menampilkan barang/jasa yang direkomendasikan oleh teman. Data yang ada di freco adalah data yg diberikan oleh pengguna lain berdasarkan pengalaman mereka sendiri.
Kekuatan utama dari freco.com karena rekomendasi yang dicari oleh pengguna akan dihimpun berdasarkan pertemanan facebook, twitter, yahoo messenger dan lain-lain. Sehingga rekomendasi dari teman atau keluargalah yang akan terlihat paling atas. Sementara jalur pertemanannya otomatis diambil dari situs pertemanan, karena rekomendasi yang didapat dari pengalaman teman/orang yang telah mencobanya, otomatis akan terjamin kwalitasnya.
Pengurus freco.com juga mewawancarai para selebritis atau orang terkenal untuk memberikan rekomendasinya, agar bisa menjadi acuan nilai lebih bagai masyarakat yang mencari referensi. Public figur yang sudah memberikan rekomendasi antara lain; Marissa Nasution, Raffi Ahmad, Chris John (petinju), Thalita latief, Jessica Iskandar, Ananda Omesh, Farah Quin, Sarah Sechan, Dokter Boyke, Fitri Tropika, Dinda Kanyadewi, dan lain-lain.
Freco.com yang merupakan kombinasi produk web campuran wikipedia dan facebook, juga bisa digunakan terbalik, yaitu untuk mengetahui referensi barang/jasa yang kita akan pilih. Seperti misalnya saat kita akan berobat dengan dokter A, kita bisa memasukkan nama dokter A nanti akan kita lihat apakah ada orang lain yang pernah dilayani dokter tersebut dan bagaimana review-nya.
Layanan rekomendasi online tersebut dapat diakses dari handphone, smartphone ataupun dari komputer biasa, sehingga sangat praktis, kapan pun dibutuhkan bisa diakses setiap saat. Apabila yang anda cari benar-benar tidak ada dalam database freco, maka akan di tampilkan di sebelah kananfreco.com, dengan harapan akan ada pengunjung freco lain yang mengisi rekomendasinya. Semua ini disajikan secara gratis untuk di akses, pendapatan freco.com mengandalkan iklan kerja sama dengan ad-network seperti google adsense, admob, buzzcity dan lain-lain.
Khusus bagi pemasang iklan memiliki dua pilihan tarif, pay for impressions (CPM) atau pay for click dengan range sekitar 0,02 - 0,06 dolar per klik. Secara bisnis jika sudah banyak pengunjungnya sumber pendapatannya akan berasal dari iklan. Sekarang ini freco.com yang menyediakan ribuan info, telah menghasilkan 100.560 hits dan 25.928 pages.
Kelebihannya, apa saja ada di freco.com dan kalau di situs-situs lain yang di-review atau direkomendasikan sesuatu yang besar saja, kalau di sini apa saja boleh. Mau yang simple-simple dari tukang pijit pun bisa. Sebuah layanan online yang baru yang cukup meyakinkan. Mudah-mudahan bermanfaat.-
*(Sumber dari berbagai media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar