TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Jumat, 23 September 2011

GOOGLE MAPS DAPAT MEMANTAU KEMACETAN DI JAKARTA


Salah satu masalah kota Jakarta adalah kemacetan lalu lintas yang sampai sekarang ini masih belum ada solusinya sehingga membuat masyarakat harus merencanakan perjalanan mereka dengan baik. Untuk jarak perjalanan yang relatif pendek saja kadang harus ditempuh dalam waktu cukup lama. Jika kita ingin ke salah tempat dimana yang harus ‘on time’ dengan jarak tempuh satu jam, maka kita harus mengantisipasinya dengan berangkat satu jam lebih awal.
Saat ini melalui layer lalu-lintas dalam Google Maps, para pengguna jalan bisa merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik. Kini layer itu memberi informasi langsung tentang kemacetan jalan-jalan di Jakarta. Dan layer tersebut bisa diakses secara gratis dalam Google Maps dihttp://maps.google.co.id dan dalam Google Maps for Mobile.
13088435841154955765
Menurut Andrew McGlinchey, Head of Product, Google Southeast Asia, Google telah bekerja untuk menghadirkan informasi transportasi darat yang akurat dan komprehensif dalam sebuah platform pemetaan global yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Indonesia dari perangkat apa saja.
Jika anda ingin melihat informasi lalu-lintas dalam Google Maps, aktifkan layer (”Lalu lintas”). Ikonnya dapat ditemukan pada bagian kanan atas layar Google Maps. Warna yang menutupi jalan sesuai dengan kecepatan lalu-lintas relatif terhadap batas kecepatan jalan. Hijau artinya lalu-lintas bergerak cepat dan merah atau hitam berarti lalu-lintas bergerak lambat atau tidak bergerak sama sekali. Dan Informasi yang sama juga tersedia di Google Maps for Mobile, sehingga para pengendara dapat membuat perubahan rute seketika jika diperlukan untuk menghindari lalu-lintas.
Disamping itu fitur lalu-lintas juga memungkinkan pengguna melihat perkiraan kondisi lalu lintas pada waktu yang berbeda pada hari tertentu, dan pada hari-hari lain pada minggu yang sama berdasarkan data historis. Informasi tersebut berasal dari penyedia data PT Neo Fusion Indonesia dan dilengkapi oleh data “khalayak” (crowdsourced) dari para pengendara yang dapat memberi informasi mengenai kondisi lalu-lintas saat ini.
13088438041042208685
Pada ponsel yang dapat diatur, pengguna dapat memberikan data secara anonim untuk Google Maps. Bila pengendara menghidupkan Google Maps for Mobile, GPS diaktifkan, dan fitur My Location dihidupkan, ponsel bisa mengirimkan butir-butir informasi ke Google mengenai seberapa cepat perangkat itu bergerak.
Ketika digabungkan dengan data anonim dari perangkat-perangkat lain dengan kemampuan serupa, ini membantu Google Maps menciptakan gambar yang lebih baik mengenai kondisi lalu-lintas.
Kementerian Perhubungan menyambut baik aplikasi Google ini, karena menambahkan informasi lalu lintas secara langsung (real time) ke dalam Google Maps. Menurut Dr Elly Sinaga, Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan (BSTP) Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, aplikasi Google ini akan sangat berguna bagi warga Jakarta yang kini akan memiliki sebuah alat yang akan membantu mereka merencanakan perjalanan di dalam kota mereka secara lebih efisien. Dan mereka dapat menggunakan informasi lalu-lintas ini dari komputer atau ponsel mereka untuk menghindari keterlambatan yang tidak diharapkan dan sampai ke tujuan dengan lebih cepat. Mudah-mudahan bermanfaat.-
*(Sumber dari berbagai media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar