TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Kamis, 22 September 2011

LAGU-LAGU DAERAH INDONESIA HARUS DILESTARIKAN


1304697773497060390
Dalam rangka melestarikan aset kebudayaan bangsa Indonesia baru-baru ini Addie MS telah merekam kembali lagu-lagu daerah Indonesia. Lagu-lagu daerah Indonesia tersebut sebanyak 25 lagu direkam dalam bentuk simponi di Eropa.
Merekam lagu-lagu daerah ini sebenarnya bukan proyek pertama bagi Addie MS di musik non komersial. Sebelumnya ia juga telah merekam lagu-lagu kebangsaan Indonesia pada tahun 1998, termasuk lagu Indonesia Raya dengan aransmen lama yang sering kita dengar dimana-mana sekarang ini.
Lagu-lagu daerah tersebut adalah lagu-lagu yang mencakup hampir seluruh provinsi di Indonesia. Dan dipersiapkan selama lebih kurang tiga bulan lalu direkam selama tiga hari. Menurut Addie, ia merampungkan rekamannya di Cityopera Simphony, Praha, sedangkan mixing dan masteringnya di London.
Proyek Ini sebenarnya adalah cita-cita lama Addie sendiri. Namun karena keterbatasan modal, baru bisa dijalankan tahun ini. Dia tidak menyangka kalau akan ada yang menawarkan proyek ini. Lalu tanpa dipikir panjang lagi dia langsung menggarapnya karena iapun sangat mencintai musik dan lagu Indonesia.
Menurutnya, dia tidak akan dapat apa-apa dalam proyek ini. Dia mengingatkan saat menggarap rekam ulang lagu-lagu kebangsaan pada tahun 1998 juga tidak mendapatkan apa-apa. Bila saat itu mendapatkan royalti, pasti sekarang dia sudah kaya raya. Sekarang ini juga ia melakukannya bukan untuk memperkayakan diri, tapi prihatin terhadap aset kebudayaan bangsa.
Bicara soal komersial, Addie memang sudah merasa cukup kenyang pada 1980-an sibuk di musik komersial. Vina Panduwinata, Harvey Malaiholo, Ikang Fauzi dll. hampir semua dia yang menggarapnya. Kemudian pada 1991 Addie telah berjanji untuk tidak berkiprah lagi pada musik komersial. Makanya sekarang ini dia menggarap lagu-lagu daerah Indonesia yang non komersial
Lagu daerah Indonesia banyak sekali yang bagus-bagus. Dan kekayaan daerah tersebut harus kita lestarikan supaya tidak dilupakan. Dari pada kita kecewa di kemudian hari, kenapa tidak kita lakukan dari sekarang,
Lagu-lagu Daerah Indonesia Juga Paling Indonesia.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar