TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Jumat, 23 September 2011

SWISS VS SPANYOL FINAL PIALA EROPA U-21 TAHUN 2011


1308850668353580649
Akhirnya Swiss berhasil maju ke babak final Piala Eropa U-21 setelah mengalahkan Rep. Ceko dengan skor tipis 1-0, pada pertandingan semifinal di stadion MCH Arena, Kamis dini hari tanggal 23 Juni 2011. Pada dua kali 45 menit kedua kesebelasan bermain imbang 0-0. Kemudian dilanjutkan dengan extra time dua kali 15 menit, pada babak pertama masih berbagi 0-0 namun pada babak kedua Swiss berhasil mengungguli Rep. Ceko 1-0 pada menit ke 23.
Pada babak pertama kedua tim langsung menggebrak, permainan cepat dan penuh tenaga ditampilkan pemain kedua tim. Dan peluang pertama diperoleh Swiss melalui aksi pemain yang tengah menjadi incaran klub-klub besar Eropa, Xherdan Shaqiri, pemain berposisi winger tersebut mampu mengobrak-abrik pertahanan Ceko dan melepaskan tendangan terarah, sayang tendangannya masih menyamping di sisi kiri gawang Tomas Vacilik.
Lalu Swiss terus menekan Ceko walau sangat sedikit peluang yang mampu mereka ciptakan. Seemntara Rep. Ceko yang terus ditekan juga tak mau ketinggalan, mereka mendapat peluang terbaiknya melalui sundulan keras striker Ceko, Libor Kozak, namun sundulan kepalanya tersebut masih sedikit melebar dari gawang Yann Sommer. Dengan tempo tinggi yang ditampilkan kedua tim hanya mampu berlangsung di 25 menit babak pertama selanjutnya, para pemain kedua tim hanya mampu bermain-main di daerahnya sendiri. Setelah memasuki menit ke 30 baik Swiss maupun Rep. Ceko seperti menemui jalan buntu untuk dapat mencuri kesempatan mencetak gol. Hingga waktu turun minum kedua tim tetap belum mampu mencetak gol, pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 0-0.
Pada babak kedua, kontrol permainan dipegang oleh Swiss, perpaduan Xherdan Shaqiri dan Admir Mehmedi menjadi momok menakutkan pertahanan Ceko, meski tak banyak peluang yang tercipta dari keduanya. Namun peluang pertama Swiss diperoleh melalui sundulan kepala Innocent Emeghara, namun sundulannya masih belum menemui sasaran. Kemudian pergerakan Shaqiri kembali mampu mengacak-acak ketatnya pertahanan Ceko, dan selanjutnya memberikan umpan ke dalam kotak penalti Ceko, namun banyaknya pemain Ceko yang turut membantu pertahanan membuat umpan tersebut harus terbuang percuma. Hingga menit ke 75 kendali permainan masih terus dipegang oleh Swiss, Xherdan Shaqiri menjadi pemain yang terus menguasai lini tengah, determinasinya membuat Rep. Ceko terus bertahan hingga babak kedua usai. Pertandingan yang berakhir dengan skor 0-0 ini harus dilanjutkan melalui babak extra time untuk menentukan siapa yang berhak menjadi lawan Spanyol di final.
Pada babak tambahan pertama kedua tim mulai saling serang, namun buruknya penyelesaian akhir dan gemilangnya kiper kedua tim membuat pertandingan harus kembali berakhir dengan skor 0-0. Lalu pada babak tambahan kedua lagi-lagi penyelesaian akhir yang buruk dan terlalu lama memegang bola menjadi kendala kedua tim untuk mencetak gol. Disamping itu faktor kelelahan juga mempengaruhi permainan kedua tim, pergantian pemain pun juga tak banyak membantu. Dan akhirnya di menit ke-113, Swiss berhasil memecah kebuntuan melalui tendangan keras kaki kanan, Admir Mehmedi yang menyusur di pojok kanan gawang Ceko, 1-0 untuk Swiss.
Swiss akhirnya berhasil memenangkan pertandingan dan maju ke final Piala Eropa U-21 menghadapi Spanyol. Sebelumnya tim Spanyol telah berhasil mengalahkan Belarusia 3-1, semifinal lainnya yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 Juni 2011. Dengan hasil tersebut membawa Spanyol ke final kelima mereka di turnamen ini. Sebelumnya La Furia Roja menjadi juara pada edisi 1986 & 1998, dan hanya menjadi runner-up di tahun 1984 & 1996.-
*(Sumber dari berbagai media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar