TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Rabu, 21 September 2011

TORNADO KEMBALI MENERJANG AMERIKA SERIKAT


13041866701691924361
Amerika Serikat (AS) kembali di Terjang Tornado pada 28 April 2011. Badai yang dahsyat tersebut menghantam AS bagian selatan dan tengah.
Cuaca ekstrem yang melanda AS bagian selatan pekan ini telah menerjang enam negara bagian. Yaitu negara bagian Alabama, Arkansas, Mississippi, Tennessee, Georgia dan Virginia.
Gubernur-gubernur negara bagian tersebut telah memberlakukan keadaan darurat. Mereka meminta Garda Nasional untuk membantu operasi penyelamatan dan pembersihan. Badai mematikan yang menerjang negara-negara bagian tersebut telah menyebabkan banyak bangunan ambruk dan terputusnya aliran listrik di sejumlah wilayah. Bahkan tiga reaktor nuklir di Alabama berhenti beroperasi.
13041867351834855521Korban yang tewas karena serangkaian tornado tersebut, seperti dilansir MSNBC, sampai dengan hari ini Sabtu (30 April 2011) telah mencapai 337 orang, membuat badai dahsyat itu badai paling mematikan kedua dalam sejarah Amerika Serikat dan yang terburuk dalam hampir 80 tahun.
Sebelumnya pernah terjadi tornado terbesar pada tanggal 18 Maret 1925 silam. Dimana selama lebih dari tiga setengah jam, Tri-State Tornado menjadi tornado paling mematikan yang merobek-robek daratan utama AS. Tornado ini membunuh 747 orang dan menghancurkan lebih dari 15.000 ribu rumah di wilayah Illinois, Indiana, dan Missouri.
Kemarin Presiden AS Barack Obama telah berkunjung ke Kota Tuscaloosa, Alabama yang porak-poranda diterjang tornado tersebut. Dan berjanji akan mengerahkan bantuan federal secara maksimal menyangkut kerusakan properti dan biaya pemulihan.
Ternyata badai yang sangat terkenal di dunia tersebut masih belum dapat di prediksi secara cermat. Karena sebenarnya Pemerintah AS telah mengembangkan sistem peringatan tornado untuk dapat menekan angka kematian jika bencana kembali datang.
*(Sumber dari berbagai media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar