TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Kamis, 22 September 2011

AYAM JANTAN PUN BISA BERTELUR


13062141331944858914
Semua orang sudah tahu bahwa Ayam yang dapat bertelur adalah Ayam betina dan Ayam Jantan tidak bertelur. Hal tersebut juga pernah saya ketahui ketika saya masih duduk di sekolah dasar kelas satu, guru yang mengajar saya menjelaskan demikian. Tetapi, ada kasus yang cukup janggal dan terjadi pada Ayam Jantan peliharaan teman saya. Ini terjadi pada tahun 1989 ketika itu saya secara tidak sengaja sedang mengunjungi sahabat saya itu di Bandung, Jawa Barat.
Menurut teman saya, Machmud namanya, ayam jantannya tersebut sudah bertelur sebanyak 4 butir. Bentuk telurnya itu berbeda dengan ayam betina, ukurannya relatif lebih kecil dibanding dengan telur ayam betina. Telur ayam jantan itu ternyata tidak ada kuning telurnya, hanya putih telur saja. Banyak yang tidak percaya dengan hal tersebut bahkan hingga sekarang ini. Sayapun akhirnya telah melupakannya. Tapi saya sering juga mendengar cerita dari teman-teman saya yang lain bahwa memang ada ayam jantan yang bertelur. Dan sampai hari ini, belum ada ilmuwan atau ahli sains yang mampu menjawab fenomena ini.
Namun pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2011 kemarin di Jambi tepatnya di Kabupaten Kerinci, ada seekor ayam jantan milik warga setempat bertelur. Ayam jantan tersebut milik Arpendi (28), warga Desa Belui Tinggi, Kecamatan Depati VII Kabupaten Kerinci.
Menurutnya, bahwa ayam jantan yang dipeliharanya itu saat ini terus bertelur setiap hari. Dia sendiri merasa aneh kalau ayam jantannya bisa bertelur seperti ayam betina.
Ia juga mengatakan, telur-telur yang dikeluarkan ayam jantan tersebut sedikit berbeda dari telur ayam lainnya, yakni berukuran lebih kecil dibanding telur ayam kampung pada umumnya dan saat ini telurnya sudah berjumlah tujuh butir.
Karena adanya keanehan itu, Arpendi mengaku saat ini terus memantau prilaku ayam jagonya, namun sejauh ini tidak ada gelagat aneh dari ayam tersebut.
Ayam itu seperti ayam jantan pada umumnya, tetap mengawini ayam betina, padahal Arpendi pemilik ayam tersebut belum pernah memberikan pakan khusus, makannya sama seperti ayam-ayamnya yang lain. Namun akhirnya dia berharap agar masyarakat tidak mengangap terlalu berlebihan atas kejadian pada ayam miliknya itu.
Adakah diantara teman-teman Kompasianer yang memiliki ayam jantan yang telah bertelur?
*(sumber dari berbagai media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar