TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Jumat, 23 September 2011

GERHANA BULAN TOTAL TERJADI PADA TANGGAL 16 JUNI 2011


13082475971069125004
Gerhana bulan total telah terjadi pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2011 dini hari tadi. Gerhana tersebut benar-benar telah menampakkan diri di langit Indonesia. Masyarakat Indonesia di bagian barat telah menyaksikan gerhana bulan itu pada sekitar pukul 01.35 WIB dan puncak gerhana tersebut, disaat bulan tidak tampak sama sekali, terjadi pada pukul 02.19 hingga 05.05 WIB. Proses gerhana tersebut diawali dengan gelapnya bagian sisi bulan hingga bulan mulai tertutup secara perlahan-lahan lalu akhirnya bulan menghilang. Kemudian bulan kembali tampak terang dengan warna kemerah-merahan.
Gerhana bulan total ini sungguh luar biasa karena bisa dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Sebuah peristiwa yang spektakuler karena proses gerhana memakan waktu yang lama sehingga kita bisa memantaunya dengan leluasa. Bulan ditutup oleh bayangan bumi, yang tadinya bulan berwarna putih akan menjadi hitam kemerahan dan itu berlangsung cukup lama.
Ini merupakan satu dari beberapa kali gerhana Bulan total yang memiliki durasi yang panjang dalam kurun waktu satu abad terakhir.
Gerhana Bulan yang seperti ini pernah terjadi pada tanggal 16 Juli 1935 yaitu berlangsung selama 101 menit dan pada tanggal 6 Juli 1982 berdurasi selama 107 menit serta pada tanggal 16 Juli 2000 juga berlangsung selama 107 menit.
Total durasi gerhana, dari mulai gerhana bulan sebagian awal sampai akhir, berlangsung selama 3 jam 30 menit, yakni dari pukul 01.35 WIB - 05.05 WIB. Durasi itu, lebih panjang dari gerhana bulan total yang juga akan terjadi pada 10 Desember 2011 mendatang. Sebelumnya diberitakan, bahwa gerhana bulan total kali ini relatif langka, di mana gerhana bulan akan lewat di depan pusat Bumi bayangan. Lunar terakhir gerhana lebih dekat dengan pusat bumi bayangan terjadi pada tanggal 16 Juli 2000. Total lunar pusat gerhana yang akan datang akan berada di 27 Juli, 2018.
Gerhana bulan dan matahari terjadi sebagai salah satu tanda kebesaran Allah SWT. Gerhana matahari terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada pada suatu garis lurus. Sedangkan gerhana bulan terjadi matahari, bumi dan bulan berada pada suatu garis lurus. Gerhana matahari terjadi pada fase bulan baru (new moon), namun tidak setiap bulan baru akan terjadi gerhana matahari. Sedangkan gerhana bulan terjadi pada fase bulan purnama (full moon), namun tidak setiap bulan purnama akan terjadi gerhana bulan. Hal ini disebabkan bidang orbit bulan mengitari bumi tidak sejajar dengan bidang orbit bumi mengitari matahari (bidang ekliptika), namun miring membentuk sudut sebesar sekitar 5 derajat. Seandainya bidang orbit bulan mengitari tersebut terletak tepat pada bidang ekliptika, maka setiap bulan baru akan selalu terjadi gerhana matahari, dan setiap bulan purnama akan selalu terjadi gerhana bulan. Subhanallah.

Gerhana bulan total pada Kamis 16 Juni 2011 dinihari tadi itu adalah gerhana yang pertama dari dua gerhana bulan yang terjadi pada tahun 2011. Gerhana bulan total selanjutnya akan terjadi pada 10 Desember 2011. Diperkirakan gerhana itu akan terjadi lebih awal pada pukul 19.46 WIB dan totalnya pukul 21.06 WIB, lalu akan berakhir 23.17 WIB. Peneliti Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), menyatakan peristiwa Kamis dini hari tadi menjadi salah satu gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah. Dan lamanya gerhana bulan total memang bergantung pada jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi dan jarak bulan terhadap bumi itu sendiri.-
(Sumber dari berbagai media, photo by google, video by youtube)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar