TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Jumat, 23 September 2011

JALAN-JALAN KE JAKARTA FAIR KEMAYORAN 2011 MEMBURU SOUVENIR


13085117422035160411
Pada hari Sabtu 18 Juni 2011 kemarin, saya bersama keluarga menyempatkan jalan-jalan ke Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2011 yang dulu namanya Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan awalnya Djakarta Fair (DF). Ternyata JFK tahun ini lebih meriah dari yang sebelumnya, hal ini terlihat dari jumlah stand yang ada dan acara-acara yang disajikan serta jumlah pengunjungnya. JFK 2011 dibuka setiap hari mulai pukul 15.30 sampai 22.00 wib pada hari biasa, dan mulai pukul 10.00 sampai 23.00 wib pada hari Sabtu dan Minggu. Dan biasanya pada masa liburan sekolah yang mulai jatuh pada minggu ini, JFK akan lebih ramai lagi pengunjungnya.
JFK, secara bisnis telah diikuti lebih dari 2.600 perusahaan nasional dan multinasional. Untuk itu, pihak JIExpo telah menyediakan 1.300 stand, belum termasuk outlet dan warung-warung sederhana yang disediakan secara khusus bagi pedagang kecil. Sedangkan untuk acara hiburan, penyelenggara telah menyediakan tiga panggung, yaitu Panggung Utama, Panggung Gambir, dan Panggung Jazz Vaganza sebagai jazz corner. Seperti tahun-tahun sebelumnya, JFK kali ini juga dimeriahkan dengan konser musik 32 hari nonstop. Total 250 musisi, grup maupun solois yang ternama akan meramaikan panggung spektakuler JFK. Band-band papan atas seperti God Bless, RIF, Gigi, Ungu, Drive, Sheila On 7, Maliq and D Essentials, dan tak ketinggalan solois seperti Iwan Fals, Ari Lasso siap memuaskan para pengunjung. Dan hampir seluruh genre musik akan ditampilkan dalam pegelaran ini demi mengapresiasi ragam talenta dan minat musik artis dan pengunjung.
1308542484151812408
Di JFK 2001, telah dipamerkan segala macam produk unggulan dalam negeri serta hasil produksi industri kecil, UKM, dan koperasi, seperti furniture, interior, building material, otomotif, handycraft, garment, sport & health, telekomunikasi, banking, stationary, komputer & elektronik, property, kosmetik, food & drink, handphone, mainan anak-anak, sepatu, branded fashion, leather, branded product, multi-product, jasa dan produk BUMN, produk kreatif, dan berbagai produk unggulan lainnya.
Dan dalam JFK 2011 ini juga terdapat arena hiburan dan arena Bermain Anak-anak. Tetapi ada yang menarik yang akan saya sampaikan kepada sahabat Kompasiner, yaitu pameran Handycraft atau souvenir dan Jajanan khas Betawi yang bisa dibeli langsung di tempat. Dari tahun ketahun JFK selalu menyediakan souvenir yang khas, sehingga menikmati sajian hangat selama 32 hari nonstop di Arena Pekan Raya Jakarta tersebut tidak dapat dilewatkan begitu saja. Kini ada toko-toko souvenir khas Jakarta yang tersedia disana yang terlihat selalu ramai diserbu pengunjung.
13085120291271198817
Souvenir JFK 2011 (photo by rileks.com)
Aneka souvenir dengan harga terjangkau dan sangat menarik untuk dibawa pulang, adalah seperti baju, gantungan kunci, payung, pensil, pulpen, jam, mug, topi, gelang, lonceng, asbak, sendal, hingga boneka Transjakarta telah tersedia sebagai oleh-oleh JFK tahun ini yang dapat kita peroleh distand toko souvenir tersebut.
Menurut salah satu petugas yang menjaga toko souvenir itu, aneka souvenir memang selalu diburu oleh masyarakat yang datang setahun sekali datang ke JFK ini, dan tidak aneh kalau buah tangan seperti boneka dan baju khas Jakarta selalu ludes tiap harinya. Harga baju selama event JFK 2011 ini berkisar dari Rp.60.000 hingga Rp.75.000, sedangkan harga aksesoris antara dari harga Rp.5.000 sampai yang paling mahal Rp.100.000. Sedangkan khusus untuk boneka Transjakarta dan Bajaj dibandrol dengan harga Rp.75.000 dan Rp.45.000 saja.
Dan bila kita ingin membeli souvenir yang menarik tersebut tidak perlu khawatir tidak kebagian. Karena dalam rangka menyambut hari ulang tahun Jakarta yang ke 484 ini, toko-toko souvenir di JFK 2011 kali ini telah tersedia ada sebanyak 11 toko/stand di lokasi yang berbeda. Namun karena banyaknya peminat souvenir tersebut biasanya tidak semua stok yang kita inginkan akan ada pada hari itu, jadi harus cepat karena siapa cepat dia dapat.
1308512604513499600
Penganan khas Betawi (photo by edratna)
Setelah lelah berjalan-jalan di arena pameran terbesar di Asia Tenggara itu, akhirnya kami mampir ke sebuah stand makanan khas Betawi sebelum pulang meninggalkan JFK 2011 tersebut. Menurut orang-orang yang sudah jalan-jalan ke JFK 2011, belumlah lengkap kalau belum mencicipi aneka kuliner khas Betawi yang ada di arena tersebut. Selain kerak telor, ternyata masih banyak jajanan tradisional Jakarta yang sangat layak untuk dicoba. Seperti yang disajikan stand yang dibuka Sanggar Sirih Dare yang terletak persis di sebelah kiri gapura Gambir Expo. Di stand itu terdapat beraneka ragam makanan khas Betawi. Bila ingin makanan yang sedikit berat, ada Toge Goreng, Laksa, atau Nasi Ulam Betawi. Dan kalau hanya untuk sekedar cemilan, disana ada kue Akar Kelapa, Biji Ketapang, Kembang Goyang, Telor Gabus, dan Kue Bangkit.
Sedangkan untuk minumannya selain Es Cendol dan Es Selendang Mayang yang menyegarkan, ada juga yang terbuat dari rempah-rempah, namanya Bir Pletok yang cukup ampuh untuk menghangatkan tenggorokan. Khusus untuk minuman Es Selendang Mayang sekarang ini sudah mulai langka dan jarang kita temui lagi.
Menurut pengelola stand, semua sajian khas betawi ini hampir punah. Kalau kita tidak memperkenalkannya lagi pada orang lain atau pada anak cucu kita, pasti sudah punah semuanya. Saya menyaksikan hal tersebut ada di pameran macam ini. Dan ternyata JFK juga adalah tempat untuk melestarikan khas budaya daerah khususnya budaya betawi, sehingga sangat bermanfaat untuk membangun ketahanan budaya bangsa.
Di stand Sanggar Sirih Dare tersebut itu juga menjual hasil kerajinan tangan berupa souvenir khas betawi, seperti boneka ondel-ondel serta boneka pengantin betawi. Aneka souvenir itu dibanderol seharga Rp.20.000 hingga Rp.400.000.
13085122811579489070
Nah bagi para kompasianer yang ingin jalan-jalan ke JFK 2011, jangan lupa bawa uang yang banyak lalu mencicipi makanan khas Betawi disana dan membeli souvenir sebagai kenangan-kenangan. Selamat jalan-jalan ke JFK 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar