TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Rabu, 21 September 2011

KOMODO MODO-MODI, MASKOT SEA GAMES 2011



Maskot SEA Games 2011 Jakarta dan Palembang telah resmi diluncurkan oleh Indonesia SEA Games Organizing Committee. Peluncuran Maskot Komodo Modo-Modi sebagai mascot resmi SEA Games 2011 Jakarta dan Palembang tersebut dilaksanakan di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, pada hari Senin (25 April 2011). Peluncuran yang bertepatan dengan 200 hari sebelum pelaksanaan event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu disaksikan oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Mallarangeng, Ketua KONI/KOI Rita Subowo, Ketua INASOC Rahmat Gobel, Wagub DKI Prijanto, Ketua KONI Sumatra Selatan Mudai Maddang, para undangan, dan perwakilan atlet. Menurut Andi, Kita sudah saatnya menyatukan tekad untuk menjadi tuan rumah yang baik. Indonesia Bisa!. Pernyataan yang sama juga dikatakan Ketua INASOC Rahmat Gobel. Menurut dia, perlu kerja sama dengan semua pihak agar SEA Games di Tanah Air bisa berjalan sukses seperti yang diharapkan. Menyukseskan SEA Games bukan hanya tugas Menpora, KONI dan INASOC tapi tugas kita semua, Bangsa dan Negara Indonesia. Saatnya kita bersatu demi kejayaan Merah Putih.

Pada peluncuran maskot ini selain dilakukan acara seremonial juga dimeriahkan oleh penyanyi dan grup band yang telah punya nama di Tanah Air diantaranya The Cangcuters, Vidy Aldiano, Bagindas, Yovie and Nuno, Delon dan Judika. Peluncuran maskot “Modo-Modi” selain dilakukan di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta serta di Palembang.

1303813488252808299

Pelaksanaan SEA Games 2011, 11-25 November dilakukan di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang dan diikuti oleh atlet-atlet dari 11 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Jumlah cabang olahraga yang dipertandingan sebanyak 43 cabang.

Maskot SEA Games XXVI 2011, Modo dan Modi juga resmi diluncurkan, di Bundaran Hotel Indonesia, Senin (25 April 2011). Namun apa yang menjadi filosofi pemilihan hewan Komodo sebagai Maskot olahraga se-Asia Tenggara ini?

Menurut panitia peluncuran Maskot SEA Games, bahwa Komodo hidup dan berkembang di wilayah kepulauan timur Indonesia selama jutaan tahun. Namun demikian keberadaan komodo baru diketahui umat manusia kira 100 tahun yang lalu. Komodo adalah kadal terbesar yang hidup di bumi. Komodo memiliki ciri khas kepala rata dengan hidung bundar, kulit kasar, kaki tertekuk, dan buntut panjang dan berotot. Populasi komodo stabil di bilangan 3000 hingga 5000 di wilayah Pulau komodo, Gila motang, Rinca dan Flores. Namun kesulitan komodo betina dalam mengeram telurnya, penyelundupan, gangguan manusia dan bencana alam mengakibatkan satwa ini mengalami kepunahan.

Atas dasar komodo adalah satwa langka dunia dan juga merupakan kebanggaan Indonesia, Modo dan Modi, figur maskot resmi sea games 2011 ini di kembangkan. Modo dan Modi sebagai mascot resmi sea games 2011 mempunyai kepribadian pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan Modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama Negara peserta sea games.
1303813850339723406
Sementara itu menurut Menegpora, Pemerintah Indonesia memilih komodo Modo-Modi sebagai maskot ajang olahraga SEA Games XXVI. Ajang pertandingan olahraga antar negara-negara ASEAN itu akan digelar di Palembang dan Jakarta. Karena komodo hanya satu-satunya di dunia ada di Indonesia dan kita harus bangga. Pemilihan itu, juga karena komodo saat ini tengah dipromosikan sebagai salah satu kandidat The New Seven World Wonders. Dan Juga dalam rangka promosi, karena diharapkan banyak turis yang datang melihatnya.

SEA Games XXVI direncanakan berlangsung November mendatang. SEA Games rencananya akan digelar di Palembang dan DKI Jakarta. Jumlah atlet diperkirakan ada 3.000 orang yang separuhnya akan berada di Palembang. Fasilitas akomodasi untuk atlet meliputi mess atlet yang setara dengan hotel berbintang dengan pengaturan makanan sesuai standar kompetisi internasional.

Mudah-mudahan Indonesia dapat meningkatkan prestasinya di ajang pertandingan SEA Games tersebut. Dan maskot Komodo Modo-Modi tersebut akan memberikan semangat serta keberuntungan bagi para atlit kita. Mari kita sukseskan SEA Games XXVI Jakarta – Palembang !

*(Sumber dari berbagai media)


Postingan 26 April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar