TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS

"TERUSLAH MENULIS SELAMA KITA MASIH BISA MENULIS"

Kamis, 22 September 2011

PEMILIHAN KETUA RUKUN WARGA DI DESA RANGKAT


Setelah desa indah yang sejuk damai mulai ramai, Rangkat mulai sibuk dengan penduduknya dan pak Kades Yayok Haryanto, telah menetapkan sistim organisasi desa yang dianggap penting demi kemajuan desa tersebut. Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) pun akhirnya telah dilaksanakan dengan aman dan tertib.
Sistim, tata cara, dan mekanisme pemilihan umum (pemilu) di Indonesia tampaknya telah mengakar hingga pada pemilihan Ketua RW yang baru. Hal ini terjadi di RW 01 Desa Rangkat. Kecamatan Elok. Kompasiana Pusat.
Ibu Kades Mommy, menjelaskan kepada seluruh warga, bahwa Desa Rangkat adalah wadah komunitas warga Kompasiana dalam menuangkan segala ide dan imajinasi kreatif akan sebuah desa yang tumbuh kembang bersama rasa Toleransi, Kesamaan, Persaudaraan dan Persahabatan juga rasa Kekeluargaan yang dijunjung tinggi. Desa Rangkat adalah desa yang dibangun dan dibesarkan melalui hati dan rasa dengan prinsip ‘diskusi elok sarat asah-asih-asuh dalam merangkai kata.
Dalam kesempatan di sebuah pertemuan warga desa, Ibu Kades Mommy pernah membacakan sajak tentang Desa Rangkat :
Sawah itu terbentang dalam ingatan…
hijau royo royo terhampar jauh di kaki bukit
itulah karunia Tuhan yang mencipta
jadilah, dan semuapun jadi
tanah dengan air
langit dengan udara
makhluk pun juga
Maka petanipun membentuk tanah jadi sawah
benihpun tumbuh diatasnya
aku bersyukur
diciptakan dari tanah
yang memberi makan bagi tubuh
yang menyediakan tempat bagi mati
Pelaksanaan pemilihan Ketua RW 01 yang baru disambut gembira oleh seluruh warga desa. Gelaran pemilihan disulap layaknya pesta demokrasi pemilihan presiden (pilpres). Ada dua tempat pemungutan suara (TPS) atau bilik pencoblosan suara pun dibuat rapi sejajar. Setiap wakil warga yang telah memilih pun ditandai dengan tinta pada Jarinya. Luar biasa !
Dalam pemilihan ketua RW tersebut telah diatur sesuai dengan peraturan desa bahwa yang berhak memilih adalah wakil dari setiap Rukun Tetangga (RT). Walaupun tak semua warga memilih karena telah diwakili 6 orang setiap RT-nya, peristiwa yang baru pertama kali ini di RW 01, mengundang antusias seluruh warga. Sejak pukul 08.00 pagi mereka sudah berdatangan untuk menyaksikan pemungutan suara hingga penghitungannya.
TPS atau Bilik suara dan panggung kecil yang dibangun di Jalan Cinta. RT 01/01 Desa Rangkat, itu dipenuhi warga. Dari 5 RT ada 30 pemilih yang akan menentukan Ketua RW 01 Desa Rangkat yang baru.
Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 01 Sdr. Ade Supriadi (Ki Bodo Ade, Pemilik Klinik Cinta Rangkat. Awalnya sih tukang servis senter), mengungkapkan, mereka bekerja sejak 16 Maret 2011. Mulai dari penyaringan bakal calon hingga pendaftaran pemilih dilakukan secara intensif. Menurutnya, mulai dari kertas suara, pembuatan bilik dan panggung kecil tempat penghitungan suara dibuat secara swadaya oleh seluruh warga RW 01. Dana yang dihabiskan sekitar Rp 1 Juta. Sebagian diambil dari kas RW sedangkan sebagian lagi sumbangan warga.
Dalam penyaringan bakal calon (balon) Ketua RW 01 ini, akhirnya ditetapkan 3 calon yakni: Sdr. Ibay(Ketua RT 05, punya usaha sampingan warung pojok Lebay), Sdr. Triansjah PJ (Komandan Hansip yang punya pentungan keramat, kadang-kadang nyambi jadi tukang jualan kompor), dari RT 02 dan Sdr. Edy Priyatna dari RT 01.
Sebenarnya ada dua balon lagi yang lolos penyaringan, tapi dia telah mengundurkan diri, yaitu Sdr.Halim Malik (dari RT 03) dan Sdr. Helmi Budiprasetyo (dari RT 04).
Semua balon harus memenuhi syarat tertentu yakni harus warga desa Rangkat RW 01, berumur cukup yakni di atas 17 tahun, serta yang terpenting diajukan oleh pengurus atau Ketua RT-nya. Warga Desa Rangkat saat ini berjumlah 159 orang, yang tersebar di 5 RT yaitu RT 01, RT 02, RT 03, RT 04 dan RT 05. Sehingga secara keseluruhan hanya ada 30 orang warga yang mempunyai hak memilih.
Anggota Dewan Desa Rangkat, Elvaretta / Perawan Alas (Neng Acik, Sekdes yang mondar-mandir bawa stempel. Hobi nya main ke hutan), yang juga warga RW 01, mengungkapkan bahwa 6 orang perwakilan dari setiap RT dianggap oleh warga sudah sangat mewakili mereka.
“Ini keputusan musyawarah RW dan semua warga menerimanya,” kata Neng Acik, menjelaskan kepada seluruh warga yang hadir.
Oleh karena itulah banyak warga yang ikut menyaksikan pemilihan RW tersebut, sekalipun mereka tidak memberikan suara tetap antusias datang untuk melihat penghitungan suara karena merasa sudah terwakili. Ke-enam orang perwakilan warga setiap RT-nya yang berhak memberikan suara Itu terdiri dari 3 orang pengurus RT (yakni ketua RT, sekertaris dan bendahara RT), perwakilan ibu PKK. perwakilan Karang Taruna dan seorang tokoh masyarakat setempat.
Pelaksanaan pemilihan pun akhirnya dimulai pada jam 10.00 setelah pak Kades memberikan sepatah dua patah kata dan sekaligus memberikan tanda dimulainya pemilihan tersebut. Sementara para warga yang hadir menyaksikan menyambut gembira dengan semangat memberikan support seperti layaknya menonton pertandingan sepak bola, dimana mereka dengan serunya meneriakan yel-yel mereka. Setelah pelaksanaan pencoblosan usai dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan suara yang syah.
Dari 30 orang pemilih yang mewakili warga dan berhak memberikan suaranya akhirnya Sdr. Edy Priyatna sang incumbent terpilih menjadi Ketua RW dengan 16 suara. Sedangkan Sdr. Triansyah PJ mandapat 8 suara dan Sdr. Ibay mendapat 6 suara. Spirit demokrasi memang sangat tampak. Sejak awal kandidat yang duduk di depan panggung tampak sangat santai dan mengumbar senyum. Tak ada wajah tegang dan persaingan di antara ketiganya. Bahkan sesaat setelah acara penghitungan suara berakhir dengan terpilihnya Edy Priyatna dua kandidat lain yakni Triansyah dan Ibay langsung memberi selamat kepada Ketua RW 01 terpilih.
Setelah selesai pemilihan tersebut, tepat jam 12.00 semua warga yang hadir makan siang bersama sebagai tanda gembira dan kebersamaan Desa Rangkat.
Ini merupakan suatu fenomena yang positif. Harapan seluruh warga RW 01 dengan kepengurusan baru ini, yang berawal dari pesta demokrasi kecil menuju ke arah yang lebih baik, demi terciptanya masyarakat madani di Desa Rangkat yang indah dan damai ini.
Akhirnya selesailah sudah pemilihan Ketua RW 01 Desa Rangkat yang juga telah mencerminkan demokrasi dengan rasa toleransi, kebersamaan, persaudaraan dan persahabatan juga rasa kekeluargaan yang telah dijunjung tinggi di Desa Rangkat.
Salam Manstaf Selalu…….
Salam De Rangkat !
(Pondok Petir, 03 Mei 2011)
___________________________________________________
DESA RANGKAT  menawarkan kesederhanaan cinta untuk anda,  datang, bergabung  dan berinteraksilah bersama kami (Klik logo kami)
13013791301221151128
Postingan 03 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar